Contoh Surat Permohoan Perubahan/Perbaikan Nama di Akta Kelahiran

March 01, 2020

Contoh Surat Permohoan Perubahan/Perbaikan Nama di Akta Kelahiran



                                                                                              Banjarnegara, 1 November 2019

                                                                                                                           Kepada :
Hal : Permohonan Penetapan Perubahan                                        Yth. Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara
         Akte Kelahiran Pemohon                                                               di -
         ------------------------------------------------                                  BANJARNEGARA


Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                             : TARMOYO
Tempat/ Tanggal Lahir            : Banjarnegara, 30 Oktober 1961
Alamat                                          : Desa Angkringan RT 002/ RW 001 Kecamatan Sigaluh Kabupaten       
                                                           Banjarnegara
                                                           Selanjutnya disebut sebagai PEMOHON
        
         Perkenankanlah dengan ini mengajukan permohonan penetapan perubahan Kutipan Akte Kelahiran Pemohon dengan alasan-alasan sebagai berikut :
  1. 01.   Bahwa Pemohon adalah Warga Negara Republik Indonesia bertempat tinggal di Desa Angkringan RT002 RW001 Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara.
  2. 02.   Bahwa pemohon adalah bernama TARMOYO jenis kelamin Laki-laki, lahir di Banjarnegara pada tanggal 30 Oktober 1961 sebagaimana kutipan Akte Kelahiran Pemohon Nomor : 3301-LT-319876019-0014 tanggal 30 Oktober 2019 yang dikeluarkan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara.
  3. 03.   Bahwa Pemohon menikah dengan seorang perempuan bernama Saniyem di kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara, dengan Duplikat Kutipan Akta Nikah Nomor : 66/23/III/1985 dimana tahun kelahiran Pemohon  pada Kutipan Akta Nikah Pemohon tertulis dan terbaca tahun 1963.
  4. 04.   Bahwa penulisan tahun Kelahiran Pemohon pada Kutipan Akta Nikah berbeda dengan penulisan Tahun Kelahiran Pemohon pada Duplikat Akte Nikah Pemohon tersebut.
  5. 05.   Bahwa karena terdapat perbedaan penulisan tahun kelahiran Pemohon pada Akte Kelahiran Pemohon dengan Kutipan Akte Nikah Pemohon tersebut maka demi kepentingan Pemohon baik saat sekarang maupun dimasa mendatang, Pemohon sangat membutuhkan kebenaran data tahun kelahiran Pemohon sesuai dengan yang tertulis di Kutipan Akta Nikah Pemohon.
  6. 06.   Bahwa Pemohon itu bermaksud akan merubah/memperbaiki tahun kelahiran pada Akte Kelahiran Pemohon yang semula tertulis dan terbaca 30 Oktober 1961 dirubah menjadi tertulis dan terbaca 30 Oktober 1963 sesuai dengan yang tertulis di Kutipan Akte Nikah Pemohon.
  7. 07.   Bahwa untuk perubahan tahun kelahiran Pemohon tersebut diperlukan penetapan dari Pengadilan Negeri dan oleh karena Pemohon berdomisili diwilayah hukum Pengadilan Negeri Banjarnegara maka Pemohon ini diajukan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Banjarnegara.
         Berdasarkan alasan-alasan tersebut makakami mohon kepada Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara untuk menerima , memanggil, memeriksa Pemohon selanjutnya memberikan keputusan  sebagai berikut :
  1. 01.   Mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya.
  2. 02.   Menetapkan bahwa tahun kelahiran Pemohon yang tertulis pada Akte Kalahiran Pemohon Nomor: 3301-LT-319876019-0014 tanggal 30 Oktober 2019 yang semula tertulis dan terbaca 30 Oktober 1961 dirubah/ diperbaiki menjadi 30 Oktober 1963.
  3. 03.   Memerintahkan kepada Panitera atau Pejabat Pengadilan Negeri Banjarnegara untuk mengirimkan salinan Penetapan ini yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kepada Dinas Kependudukan dan Pencaatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara untuk mencatat perubahan tahun kelahiran Pemohon yang tertulis pada Akta Kelahiran Pemohon Nomor: 3301-LT-31102019-0014 tanggal 30 Oktober 2019 yang semula tertulis dan terbaca 30 Oktober 1961 dirubah menjadi tertulis 30 Oktober 1963 serta dicatat dalam daftar pencatatan sipil yang sedang berjalan dan diperuntukan untuk itu.
  4. 04.   Membebankan biaya pemohonan ini kepada Pemohon.
  5. ATAU Apabila Pengadilan Negeri Banjarnegara berpendapat lain, mohon putusan berupa penetapan yang seadil-adilnya.



                                                                                                                   Hormat Pemohon,


                                                                                                                   TARMOYO

Artikel Terkait

Previous
Next Post »