Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

June 27, 2021



Surat pengunduran diri dari pekerjaan merupakan surat yang ditunjukan kepada instasi/perusahaan/PT dimana Anda bekerja. Dimana dalam pembuatan surat pengunduran diri ini kadang bingung apa yang akan ditulis.

Nah dalam kesempatan kali ini Trik Surat akan membagikan beberapa contoh Surat Pengunduran Diri yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuatnya.

Selain lebih professional, status Anda juga akan lebih jelas sehingga saat Anda tidak masuk ke kantor lagi, Anda akan lebih lega. Pihak perusahaan juga akan lebih jelas saat akan mencari penggantinya.

Sekarang lansung saja ke Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan ya.

 

Jakarta, 27 Juni 2021

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Anugrah Jaya

di –

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : …….........

Alamat                        : …………

Jabatan                       : ………...

 

Melalui surat pernyataan ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan Manager Pemasaran di perusahaan PT. Anugrah Jaya. Terhitung mulai tanggal ....... (sebutkan tanggal/bulan/tahun mulai berhenti).

Sebelumnya, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu.

Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja saya di sini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya juga ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Saya pun memohon maaf untuk segala kesalahan saya yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu.

Semoga, perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang. Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa tekanan dari pihak manapun.


Hormat saya,

 

(Nama Anda)




Jakarta, 27 Juni 2021

 

Kepada Yth. 

HRD PT. XXX

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : …………………………..

Alamat            : …………………………..

Jabatan           : …………………………..

Melalui surat ini ini saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku xxx di PT XXX terhitung mulai tanggal 27 Juni 2021. Surat pengunduran diri ini saya buat dikarenakan adanya beberapa hal mengenai perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat yang akan saya tuju.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ada pihak perusahaan yang telah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan juga berkontribusi dalam kemajuan perusahaan ini. Semoga ke depan perusahaan ini semakin berkembang dan semakin jaya. Tentunya ilmu yang saya dapatkan di perusahaan ini akan sangat berguna untuk saya di masa mendatang.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dan memohon kepada rekan-rekan saya dan juga atasan-atasan saya agar membuka pintu maaf bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya. Apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(Nama Anda)


Sumber : Popbela.com

Dalam penulisan surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang biasanya tidak boleh lupa untuk di tuliskan.

  • Pertama, tanggal/bulan/tahun kapan mulai berhenti. Ini penting, selain membuat kejelasan bagi Anda yang mengajukan surat pengunduran diri, juga membuat kejelasan bagi perusahaan/instasi dimana Anda bekerja.
  • Kedua, sampaikan alasan Anda kenapa berhenti. Sampaikan dengan bahasa santun, meskipun sudah tidak betah karena ada hal yang menurut Anda tidak pas, tetap sampaikan dengan bahasa santun dan jangan pernah menjelekan tempat Anda bekerja.
  • Ketiga, ucapkan terima kasih dan permohonan maaf. Penting juga, sampaikan ucapan terima kasih dan mohon maaf secara tulus sehingga hubungan Anda dengan tempat dimana Anda bekerja tetap terjalin dengan baik.

Setidaknya, itu lah tiga hal yang tidak boleh Anda lupakan dalam penulisan surat pengunduran diri.

Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »